Senin, 21 Maret 2011

Efek yang Ditanam di Gitarnya Matt Belammy (Muse)

Wooww.. Pertama kali liat Matt Bellamy jerit'n Gitarnya.. Uwh.. Gila twh orang sampai bisa segitunya he..e.. Tahu gk sOb, gimana dia melengkingkan suara gitarnya..??? Mmmmmmmmmm... ternyata bedah dibedah heu..heu..( ngelahirin x..hxx..x..) gampang banget koq, dia pake efek DIY Fuzz Factory yang ditanam langsung di gitarnya. Tinggal diputar tu Stability variablenya, muncul dch suara yang menjerit tu. So, sekarang tuk bisa kayak Matt Bellamy kita gk perlu repot repot belajar tekhnik Picking ataw Handling wat bisa jeritin suara gitar kamu he..e.. Cukup bikin aja dch efek yang bisa ditanam di gitar kayak dia twh. Mudah koq, alat yang dibutuhkan juga gk banyak-banyak amat.
Bagi yang mo bikin sendiri, saya punya skema kloningan dari efek DIY Fuzz Factory. Nch skemanya :










Dikit kan skema nya. Komponen yang dibutuhkan juga gak banyak koq, ne daftar komponen yang kamu butuhkan :

  • 2 buah Resistor dengan nilai 220k ohm
  • 1 buah Resistor dengan nilai   10k ohm
  • 1 buah Resistor dengan nilai   470 ohm
  • 1 buah Resistor dengan nilai   47k ohm
  • 1 buah Resistor dengan nilai  5,1k ohm
  • 1 buah Kapasitor dengan nilai 0,1 uF
  • 3 buah Kondensator elektrolit dengan nilai 10 uF
  • 1 buah Transistor dengan seri 2N3904
  • 2 buah Transistor dengan seri AC128 ( Q2 dan Q3 )
  • 2 buah Potensio dengan nilai 5k
  • 3 buah Potensio dengan nilai 10k
  • 1 lembar PCB kosong
  • 1 buah Baterai 9v
  • Kawat timah(tinol) dan kabel secukupnya (sesuai kebutuhan ).
Yup'z.. Itu komponen yang dibutuhkan. Cuma 2 Transistor PNP AC128 ( jenis Germanium) nya sudah susah didapatkan, paling harus pesan dulu. Belum lagi harganya yang lumayan. Dulu saja nyari ampe ke Bandung, dapet dapet 50rb/buah, mahaaaal banget kan... V gk usah khawatir, AC128 bisa diganti pake jenis apa ja, pake jenis Silikon yang harganya cuma 500 perak jg nyala twh, yang penting sama PNP, dan datasheet nya tidak terlalu jauh.

Ok dch sekian dulu, selamat mencoba n sukses selalu.. Oh ea.. Makasih atas kunjungannya.. Klo kurang ngerti bisa tinggalkan komentar ea....


http://guitaready.blogspot.com

Jika anda merasa artikel ini berguna, Bagikan kepada teman anda supaya lebih bermanfaat dengan menekan salah satu tombol dibawah ini:


  • Share

Baca Artikel Lainnya:


9 komentar:

Suseber comunity mengatakan...

gambarnya kurang jelas pak lo bisa lebih di rincikan lagi kirimin ea:ke suseberband@gmail.com
thank's

Ade mengatakan...

@Suseber : Yang kurang jelas bgian mana? Resolusi skema lmayan gd koq.. coba klik gmbr'x..!!!

Alwan-Muser mengatakan...

beli bahan bahannya di mana ? terus itu silikon maksudnya apa ?

FAHAD mengatakan...

Nice post...

Ade mengatakan...

@Alwan-Muser: Beli bahannya di toko-toko elektronik banyak kok gan.. Trus untuk silikon itu mksudnya jenis/bahan dari transistor,ada transisitor dari bahan silikon dan dari bahan germanium.. Cuma biasnya yang germanium lebih mahal daripada yg silikon...

Aries Hilman mengatakan...

Terimakasih,,,
Saya sudah Sukses KOnser dengan alat tsb.

Karena saya bekerja di perusahaan pswt trbng, jadi membuatnya lebih mudah. Hehe,,, ( dibantu sama kepala mechanic sich jadi gampang ! )

nur hadi mengatakan...

mas bro q mah yg ga ngerti skemah kabel in out'y ke mana yg 1'y

nurfadhilla dhilla mengatakan...

Gue mau coba doain mulus ya om

Hadi mengatakan...

Ac128 ssah criya bro

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dan berbagi ilmu dengan baik dan sopan, berkomentar yang bermaksud mencaci ataupun menyindir salah satu pihak sangat tidak dibenarkan. Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar...

Template by : kendhin - Convert to this blog by Blog and Tips Blog | F.F.D Team Guitaready