Senin, 20 Desember 2010

Pengertian Scala Dorian

Scala DORIAN adalah scala/pola melodi yang disusun dari nada ke-2 nada dasar. Misalkan kita akan menggunakan scala dorian di nada A, maka nada A ne adalah nada ke-2 dari nada dasar yang akan kita mainkan. Berarti kalau kita disini memainkan scala dorian A, tu maen di nada dasar apa hayooo...?????????heu..heu.. Yupz.. Bener banget jawabannya, disini berarti kita bermain di nada dasar do=G atau G=do ( asal jangan =doG aje hxx..hxx..)

Masih inget interval nada dalam satu oktav kan..??? Jadi nada-nada yang dimainkan di scala Dorian A ini adalah :

G - A - B - C - D - E - F# - G
    1    1    1/2  1    1   1     1/2

Eeeeiiittt.... Tapi ingat Sob, kita kan bermain scala dorian A, berarti nada pertama yang akan kita mainkan adalah nada A.. Nah jadi susnan buat memainkan pola dorian nya menjadi seperti dibawah ini :

A - B - C - D - E - F# - G - A
    1  1/2   1    1    1   1/2    1

Gampang kan Sob, udah tau nada-nada yang dipake nya tinggal mainin dah, Scalanya ampir sama koq ma scala IONIAN ( sama -sama bikin lumayan pusing wat gw mah heu..heu..)
So.. Yuk kita buat Pola/scala permainan di gitar loe di postingan selanjutnya he..he..



http://guitaready.blogspot.com

Jika anda merasa artikel ini berguna, Bagikan kepada teman anda supaya lebih bermanfaat dengan menekan salah satu tombol dibawah ini:


  • Share

Baca Artikel Lainnya:


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan berbagi ilmu dengan baik dan sopan, berkomentar yang bermaksud mencaci ataupun menyindir salah satu pihak sangat tidak dibenarkan. Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar...

Template by : kendhin - Convert to this blog by Blog and Tips Blog | F.F.D Team Guitaready