Rabu, 08 Desember 2010

Pola Teknik Melodi Menggunakan Scala Nada

Didalam bermain gitar Melodi, Scala dan Arpegio adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Karena setiap kali kita memainkan suatu melodi pasti kita memainkan Scala, adapun yang dimaksud scala adalah urutan/susunan nada-nada dengan jarak tertentu. Sedangkan yang dimaksud Arpegio adalah memainkan sususnan nada-nada dalam suatu akord dengan cepat secara bergantian. 
Untuk memperoleh skill-skill melodi dengan teknik scala tersebut perlulah menguasai pola-pola/scala-scala melodi dasar yang bisa dibedakan menurut nada-nada yang dimulai/jarak-jarak nada yang dimainkan, dengan pengelompokan sebagai berikut : 
  1. SCALA IONIAN ( Urutan nada-nada yang dimulai dari do/nada ke-1 dari nada dasar ).
  2. SCALA DORIAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari re/nada ke-2 dari nada dasar ) .
  3. SCALA PRHYGIAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari mi/nada ke-3 dari nada dasar ).
  4. SCALA LYDIAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari fa/nada ke-4 dari nada dasar ).
  5. SCALA MIXOLDYAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari sol/nada ke-5 dari nada dasar ).
  6. SCALA AEOLIAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari la/nada ke-6 dari nada dasar ).
  7. SCALA LOCRIAN (Urutan nada-nada yang dimulai dari si/nada ke-7 dari nada dasar ).
  8. SCALA MINOR HARMONIS. 
  9. SCALA MINOR MELODIS ( Nada ke-6 dan ke-7 dinaikan setengah nada pada waktu nada menaik, sedangkan pada waktu nada menurun, nada ke-6 dan ke-7 dikembalikan lagi seperti scala Aeolian atau Natural Harmonis ).    

Untuk memperluas jangkauan permainan melodi gitar ini, maka scala-scala yang tersebut diatas dimainkan dari senar ke-6 sampai senar ke-1 dengan berbagai nada dasar. Selain scala-scala diatas ada juga scala-scala tambahan seperti scala Blues,Drived Jazz,Whole Tone,dan sebagainya yang akan dibahas di postingan selanjutnya..



http://guitaready.blogspot.com

Jika anda merasa artikel ini berguna, Bagikan kepada teman anda supaya lebih bermanfaat dengan menekan salah satu tombol dibawah ini:


  • Share

Baca Artikel Lainnya:


1 komentar:

Belajar Gitar mengatakan...

sangat bermanfaat,,,thanks gan...

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan berbagi ilmu dengan baik dan sopan, berkomentar yang bermaksud mencaci ataupun menyindir salah satu pihak sangat tidak dibenarkan. Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar...

Template by : kendhin - Convert to this blog by Blog and Tips Blog | F.F.D Team Guitaready