Senin, 13 Desember 2010

Simbol-simbol Pada Tab Pola Melodi

Sebelum kita ke pembahasan tentang scala-scala melodi, untuk bisa membaca scala-scala yang akan diPostingkan berikutnya, kita harus tahu simbol-simbol gambar agar kita mudah untuk memahami dan mempraktekannya. So.. wajib banget ne Sob baca bagian ne dulu he..e..

Sebagai contoh bila diPostingan selanjutnya Sob lihat gambar Tab seperti ne :


Senar gitar yang paling atas adalah senar ke-6, sama juga senar yang paling atas pada gitar yang biasa bernada E ( Kalo pake susunan senar nada dasar E - A - D - G - B - E ).
Angka "5" dipaling atas adalah nomor susunan PretBoard gitar. Seperti contoh di atas, berarti kita mulai mencet twh senar gitar di kolom PretBoard ke-5.

Untuk angka-angka yang ada didalam lingkaran, itu disimbolkan untuk jari-jari kita, dengan jari mana kita harus mencet twh senar. Disini susunan jari kita gw susun dengan angka-angka berikut :

1 = Jari telunjuk
2 = Jari tengah
3 = Jari manis
4 = Jari kelingking
Sebagai tambahan, jika ada angka 0 yang digunakan pada lingkaran, berarti itu tanpa tekanan jari.

Nah sudah jelas kan, jari-jari mana saja yang kudu Sob gunakan. Sebagai contoh pada gambar diatas, kolom ke-5 diisi dengan lingkaran yang diisi angka 2, berarti kita akan mulai menekan senar dikolom ke-5 pada gitar, dan kita gunakan jari telunjuk kita untuk manekannya. Trus kita lanjutkan ke kolom ke-7, disana ada lingkaran yang dikasih angka 4,berarti kita tekan senar dikolom ke-7 dengan jari kelingking. Dan begitu seterusnya sampai kolom terakhir senar paling bawah no.1 dengan simbol tekanan seperti yang telah disebutkan diatas..

Duwh... Capek juga ne nulis ea.. Ngopi dulu aaaakh heu..heu..



http://guitaready.blogspot.com

Jika anda merasa artikel ini berguna, Bagikan kepada teman anda supaya lebih bermanfaat dengan menekan salah satu tombol dibawah ini:


  • Share

Baca Artikel Lainnya:


1 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat master,....terimakasih banyak ilmunya

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dan berbagi ilmu dengan baik dan sopan, berkomentar yang bermaksud mencaci ataupun menyindir salah satu pihak sangat tidak dibenarkan. Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan komentar...

Template by : kendhin - Convert to this blog by Blog and Tips Blog | F.F.D Team Guitaready